Jamu Alami, Sehatnya Asli

Posted: 28-Sep-2013 09:27
Jamu Alami, Sehatnya Asli

CLEAR.CO.ID - Indonesia adalah negara tropis yang sangat kaya. Kaya akan mineral, kaya akan flora dan fauna, hingga kaya akan tradisi. Kekayaan ini pula yang mengantarkan Indonesia kepada masa kelam penjajahan bangsa asing yang nggak cuma menorehkan luka, tapi juga membuat kita belajar arti kemerdekaan.

Jamu adalah salah satu warisan kekayaan alam Indonesia yang dimiliki dan diturunkan sejak jaman nenek moyang kita terdahulu. Dibuat secara sederhana dari bahan-bahan yang disediakan alam sekitar, dengan memegang manfaat yang teramat luar biasa buat kesehatan.

Seperti yang telah terpaparkan sebelumnya, jamu dibuat secara tradisional sejak jaman nenek moyang dahulu. Bereksperimen dengan akar, buah, umbi, batang, daun, sampai bagian tubuh binatang tertentu, nenek moyang kita berhasil meracik apa yang kita sebut sekarang dengan jamu. Kombinasi-kombinasinya melahirkan minuman dengan fungsinya masing-masing demi menjaga kesehatan tubuh kita. Dengan rasa alami dan khas, kesehatan dan kebugaran didapatkan masyarakat kuno hanya dari minuman-minuman ekstrak ini.

Jaman dahulu di Indonesia, jamu dijual dengan cara digendong, yang kemudian membuatnya disebut jam gendong. Para penjual jamu memasukkan jamu-jamu buatannya sendiri ke dalam keranjang dan mengikatnya ke tubuh mereka. Seiring dengan berkembangnya jaman, jamu mulai dipasarkan secara komersil. Pabrik-pabrik jamu pun mulai didirikan, contohnya Nyonya Meneer, Air Mancur, Jamoe Iboe, dll. Jamu sudah menjadi konsumsi publik dan diproduksi secara masal.

Kini, semakin majunya teknologi, pilihan masyarakat mulai beralih kepada obat-obatan kimia dan meninggalkan kecintaan mereka terhadap jamu. Padahal kalau dilihat dari kegunaan dan kandungannya, jamu nggak kalah dengan obat-obatan kimia di pasaran.

Sebut saja Jamu Sinom dan Kunyit Asam yang biasanya menjadi idola kaum hawa karena kegunaannya melancarkan haid. Atau Jamu Beras Kencur yang berkhasiat mengurangi rasa sakit. Jamu Kudu Laos untuk menurunkan tekanan darah, melancarkan aliran darah, menghangatkan tubuh dan meningkatkan nafsu makan. Ada juga Jamu Kunci Suruh yang sangat bermanfaat buat kesehatan organ reproduksi wanita, yang juga disebut-sebut bisa menguatkan gigi.

Tereksposnya masyarakat terhadap teknologi berimbas pada perubahan pola pikir mereka. Semua cara lama dianggap kuno dan nggak valid lagi. Padahal menilik dari segi kesehatan dan dampak negatif yang ditimbulkan, jamu jauh lebih aman ketimbang obat-obatan kimia.

Jadi Temans, kalau ada yang sehatnya asli, kenapa masih memilih yang 'palsu'? (kpl/meg/lin)

 
MOST LIKED
ARTIKEL LAINNYA