10 Cara Menghilangkan Ketombe

Posted: 23-Jun-2015 10:00
10 Cara Menghilangkan Ketombe

Tampil menarik setiap saat kini seakan sudah menjadi kebutuhan masyarakat modern. Ini bisa ditunjang lewat beberapa hal, seperti pakaian yang digunakan dan kebersihan diri yang selalu terjaga dengan baik.
Namun, ada beberapa permasalahan yang bisa mengganggu penampilan maksimalmu, salah satunya adalah ketombe yang membandel. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari kebersihan kulit kepala yang kurang diperhatikan hingga kelembapan yang nggak seimbang. Lantas, bagaimana cara menghilangkan ketombe ampuh agar masalah ini nggak balik lagi ya?

Mengenal Ketombe dan Penyebabnya
Ketombe menjadi salah satu masalah umum yang sering dialami oleh sebagian pria maupun wanita. Jika ingin bisa menemukan cara menghilangkan ketombe yang paling ampuh, tentu kamu harus mengenal terlebih dahulu apa yang dimaksud ketombe dan hal-hal yang menyebabkan kondisi ini. Dengan demikian, kamu dapat menemukan cara menghilangkan ketombe yang paling efektif sesuai dengan kondisi yang dialami.

1. Pertumbuhan Jamur Malassezia

Serpihan putih yang terasa gatal ini sendiri sebenarnya berasal dari pertumbuhan jamur penyebab ketombe yang disebut Malassezia. Keadaan ini sendiri dipicu dari kelembapan kulit kepala yang kurang seimbang, sehingga menjadi ladang subur perkembangbiakan mikroorganisme ini. Ketombe bukan hanya masalah yang dialami pria, wanita juga rentan mengalami kondisi ini.

2. Perbedaan Kondisi Kulit Kepala

Pria dan wanita memiliki kondisi kulit kepala yang berbeda. Keduanya ternyata rentan menjadi tempat pertumbuhan ketombe, lho. Kulit kepala pria lebih aktif memproduksi sebum, atau minyak alami yang digunakan untuk melembapkan area tersebut. Hal ini akhirnya membuat kondisinya sangat lembap, yang menjadi tempat perkembangbiakan jamur Malassezia.

Sementara itu, kulit kepala wanita memiliki kondisi yang sangat kering dan kurang lembap. Keadaan ini membuat sistem pertahanan alaminya melemah sehingga mudah mengalami beragam masalah, seperti ketombe yang membandel. Jadi, sangat penting untuk mengenal perbedaan ini untuk menemukan cara menghilangkan ketombe yang tepat.

3. Stres

Pikiran yang stres ternyata dapat memberi dampak negatif pada kesehatan, termasuk kondisi kulit kepala. Banyaknya pikiran yang membebanimu menyebabkan tekanan pada kondisi tubuh, yang membuat sistem imun menurun. Hal ini juga berpengaruh pada menurunnya sistem pelindung aktif di kulit kepala yang bertugas melawan beragam masalah yang menyerang. Akibatnya, kulit kepala jadi berketombe.

4. Makanan 

Pola diet yang kamu jalani mencerminkan kesehatan tubuhmu. Termasuk jika kamu mengalami kulit kepala yang berketombe, hal ini menandakan asupan nutrisimu kurang tepat. Sering mengonsumsi makanan berminyak dapat memicu pertumbuhan ketombe, karena produksi minyak alami yang meningkat. Kurangi jenis makanan ini agar cara menghilangkan ketombe yang kamu terapkan optimal.

5. Kondisi Lingkungan 

Cuaca di lingkungan sekitarmu ternyata juga membawa pengaruh pada kondisi kulit kepala dan rambut, lho. Sering beraktivitas di bawah sinar matahari yang terik dapat meningkatkan produksi minyak dan keringat yang memicu pertumbuhan ketombe. Selain itu, udara yang dingin juga membuat kulit kepala kering yang menjadi salah satu penyebab ketombe.

6. Penggunaan Alat Hair Styling 

Menggunakan beragam alat penataan rambut memang bisa membuat penampilanmu maksimal secara instan. Namun, kebiasaan ini ternyata dapat menyebabkan masalah ketombe juga, lho. Alat hair styling yang memiliki temperatur tinggi rentan menyebabkan kulit kepala kering. Akibatnya, perlindungan alami area ini menurun dan menjadi tempat pertumbuhan ketombe.

7. Memperhatikan Rambut Basah

Keramas dengan shampo anti ketombe merupakan salah satu cara menghilangkan ketombe yang bisa dilakukan di rumah. Namun, pastikan untuk selalu memperhatikan rambut yang masih basah, ya. Hindari menggunakan topi, helm, atau aksesoris rambut lainnya saat rambut belum kering sepenuhnya. Rambut yang lembap dan kurang sirkulasi udara bisa memicu pertumbuhan ketombe.

8. Menggunakan Sisir Orang Lain

Kelihatannya memang sepele, tapi sering menggunakan sisir orang lain bisa menjadi penyebab ketombe yang bisa kamu alami, lho. Hal yang paling mempengaruhi adalah kebersihan hair tools yang kamu pakai. Sisir yang baru digunakan mereka yang berketombe cenderung kurang bersih dan bisa memicu hal yang sama jika kamu gunakan pada rambutmu.

9. Keringat Berlebih

Berkeringat merupakan salah satu hal yang wajar terjadi pada manusia. Namun, kalau produksinya berlebihan sebaiknya kamu perlu waspada. Keringat berlebih memicu penyumbatan pori-pori di kulit kepala yang bisa menjadi salah satu penyebab pertumbuhan ketombe. Mencuci rambut secara rutin bisa menjadi salah satu solusi yang tepat deh!

10. Membasahi Rambut Tanpa Menggunakan Shampo

Sering membasahi rambut tanpa menggunakan shampo? Ternyata, hal ini bukan kebiasaan yang baik, lho. Rambut yang basah akan meningkatkan kelembapan kulit kepala menjadi nggak seimbang. Selain itu tanpa adanya aplikasi shampo, kotoran dan minyak tetap menumpuk di kulit kepala yang menyebabkan pertumbuhan ketombe.

Banyaknya hal yang memicu pertumbuhan ketombe di atas membuatmu perlu menemukan cara menghilangkan ketombe yang paling tepat. Jangan sampai salah langkah kalau mau membasmi habis masalah ini hingga ke akar-akarnya. Nah, berikut ini beberapa cara menghilangkan ketombe praktis yang bisa kamu praktikkan sendiri di rumah!

1. Keramas dengan Shampo Anti Ketombe Terbaik 


Cara menghilangkan ketombe pertama yang bisa kamu coba adalah keramas menggunakan shampo anti ketombe terbaik. Pastikan shampo anti ketombe yang kamu gunakan sesuai dengan jenis kulitmu dan memiliki beragam nutrisi untuk mengembalikan kesehatan kulit kepala. Nggak perlu bingung memilih karena ada varian CLEAR – Ice Cool Menthol Shampo yang mampu memberikan perawatan terbaik rambut berketombe.

Shampo ini dibekali teknologi Nutrium 10 yang merupakan kombinasi 10 nutrisi penting untuk meningkatkan kesehatan rambut. Selain itu, kandungan cooling menthol-nya dapat membersihkan ketombe yang membandel dan membuat kulit kepalamu segar setiap saat. cara menghilangkan ketombe pasti efektif kalau menggunakan shampo ini deh!

2. Scalp Massage


Memijat kulit kepala saat keramas dapat menjadi cara menghilangkan ketombe alternatif lainnya yang dapat dipilih. Scalp massage ini berfungsi untuk membuka pori-pori kulit kepala yang penting untuk membersihkan ketombe secara menyeluruh. Selain itu, kegiatan ini juga membantu relaksasi pada pikiran dan tubuh, lho. Maksimalkan cara menghilangkan ketombe yang satu ini dengan shampo anti ketombe terbaik pilihanmu.

Kamu bisa menggunakan CLEAR Complete Soft Care Shampo yang diformulasikan khusus untuk mengatasi masalah ini. Kombinasi vitamin dan mineralnya sangat baik untuk mengembalikan kesehatan kulit kepala yang membantu cara menghilangkan ketombe berjalan optimal.  

3. Perbanyak Minum Air Putih 


Memenuhi kebutuhan cairan tubuh sangat penting untuk mencegah dehidrasi. Kondisi ini dapat memberikan dampak pada kesehatan tubuh secara menyeluruh, mulai dari badan terasa lemas hingga munculnya ketombe! Jangan sampai masalah tersebut mengganggu penampilanmu. Konsumsi air putih delapan gelas sehari dapat menjadi cara menghilangkan ketombe efektif yang layak dicoba.

4. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi 


Sama seperti bagian tubuh lainnya, rambut juga perlu asupan nutrisi seimbang untuk meningkatkan kesehatannya. Penuhi beragam zat penting yang diperlukan kulit kepala dan rambut lewat buah dan sayur. Beberapa sumber nutrisi yang bisa kamu konsumsi antara lain protein, zinc, vitamin dan mineral sebagai cara menghilangkan ketombe yang bisa kamu coba di rumah.

5. Olahraga Rutin 


Kegiatan fisik yang dilakukan secara rutin nggak hanya baik untuk menjaga bentuk tubuh, tapi juga meningkatkan kesehatan rambut. Olahraga membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk yang menuju kulit kepala. Ini berarti asupan oksigen dan nutrisi yang dibawa darah menuju ke rambut dan kulit kepala lebih lancar dan meningkatkan kesehatannya. Cara menghilangkan ketombe ini bisa lebih maksimal jika kamu menggunakan CLEAR Superfresh Apple Shampo selesai berolahraga.

Kandungan Nutrium 10 di dalamnya sangat baik untuk mengembalikan kesehatan rambutmu. Selain itu, formula green apple di dalamnya dapat membersihkan kulit kepala secara rutin dan membuat rambut segar sepanjang hari.

6. Hindari Berganti Shampo Terlalu Sering


Sering berganti shampo juga menjadi pemicu munculnya ketombe di kulit kepalamu, lho. Penggunaan produk yang nggak sesuai jenis kulit kepalamu dapat menyebabkan beragam masalah, seperti munculnya ketombe dan rambut rontok. Jadi, pastikan memilih satu jenis shampo yang bisa memenuhi kebutuhanmu sebagai cara menghilangkan ketombe yang ampuh.

Kamu bisa percayakan pada CLEAR Anti Hair Fall Shampo yang mengatasi rambut rontok dan berketombe dengan efektif. Perpaduan Nutrium Ginseng dan ekstrak tumbuhan dapat menutrisi kulit kepala secara mendalam dan memberikan perlindungan dari ketombe lebih lama. Rambut lebih kuat dari akar hingga ke ujungnya dan rambut rontok berkurang hingga 98%!

7. Minimalisir Penggunaan Hair Tools 


Penggunaan alat penataan rambut yang memiliki suhu panas dapat membuat kulit kepala kering dan berketombe. Kalau nggak mau masalah ini mengganggu penampilan lebih lama, segera minimalisir pemakaiannya, ya! Biarkan rambut kering secara alami agar cara menghilangkan ketombe yang kamu terapkan berjalan dengan baik.

8. Lindungi Rambut dari Lingkungan


Cuaca yang panas, berdebu, hingga hujan memberikan pengaruh negatif pada kesehatan kulit kepalamu. Pastikan melakukan perlindungan yang dibutuhkan, ya. Saat beraktivitas di bawah sinar matahari, pastikan menggunakan topi untuk melindungi kulit kepalamu.

Selain itu, keramas rutin juga sangat diperlukan untuk menjaga kebersihan kulit kepala dari debu, minyak dan ketombe. Buat cara menghilangkan ketombe ini lebih maksimal menggunakan CLEAR Herbal Fushion Shampo yang ampuh mengatasi ketombe. Perpaduan Asian Herbal, Nutrium 10, vitamin dan mineral di dalamnya dapat membersihkan kulit kepala secara menyeluruh dan mempertahankan kesehatan bagian tubuh tersebut.

9. Jangan Tidur Saat Rambut Basah


Hentikan kebiasaan tidur saat rambut basah. Selain bisa membuat rambut lepek yang mengganggu penampilan, hal ini juga memicu pertumbuhan ketombe. Kulit kepala yang lembap dan kurang sirkulasi udara dapat menjadi salah satu penyebab munculnya jamur Malassezia. Praktikkan juga cara menghilangkan ketombe yang satu ini, ya!

10. Kembalikan Kesehatan Kulit Kepala 


Mengembalikan kesehatan kulit kepala merupakan cara menghilangkan ketombe yang paling penting. Kulit kepala sebenarnya memiliki lapisan pelindung alami yang bisa membantu mencegah beragam masalah rambut yang menyerang. Namun, jika kondisinya nggak prima, fungsi tersebut pun tidak bisa berjalan dengan baik.

Kamu perlu mengembalikan kesehatannya dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi, perbanyak minum air putih, dan menggunakan shampo yang dapat memberikan nutrisi paling lengkap seperti varian yang dimiliki CLEAR Shampo.

Cara menghilangkan ketombe yang ampuh bisa diperoleh dengan mudah, bukan? Pastikan kulit kepala sehat dan terawat tanpa adanya ketombe yang membandel. Selamat mencoba cara menghilangkan ketombe ini di rumah, ya!

 
MOST LIKED
ARTIKEL LAINNYA